Mon, 14 Oct 2019   Tentang Media Center

Artikel Terkini

Camat Bertugas Mengawasi Penggunaan Dana Desa

Oleh Admin, 19/06/2019

Paringin, InfoPublik - Pemerintah Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa menggunakan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat tahun 2019.

Camat Tebing Tinggi Agus Zaidan berbagi tugas dengan Sekretaris Camat (Sekcam) menggelar monev secara bergantian ke 12 Desa. Selain mengecek secara langsung pembangunan fisik, monev tersebut juga mengecek tertib administrasi yang dilaksanakan aparat desa. Menurut Agus, monitoring dan evaluasi sebagai salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Tujuan pelaksanaan monev ke masing-masing desa terkait pelaksanaan pembangunan di desa menggunakan dana desa, agar tidak terjadi penyimpangan. Monitoring ini, menurut Agus, agar aparat desa bisa tertib dalam bidang administrasi program pembangunan yang menggunakan dana desa.

Pelaksanaan monev di dua belas desa yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi dilaksanakan mulai pertama menjabat sebagai Camat Tebing Tinggi hingga sekarang. Selasa, (19/6/2019) melakukan monitoring di Desa Langkap. Di Desa Lagkap anggaranya digunakan untuk perbaikan infrastruktur jalan berupa pengingkatan jalan desa, Jalan usaha tani dan lainya,” kata Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, monitoring dan evaluasi program pembangunan yang menggunakan dana desa sesuai arahan Bupati Balangan Ansharuddin. Bupati berpesan agar dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat ke desa-desa dalam rangka percepatan pembangunan desa berdampak positif dalam kesejahteraan masyarakat.

Kepada Kepala Desa Langkap Lili Suryani Camat berpesan agar memanfaatkan dan menggunakan anggaran dana desa sebaik-baiknya untuk pembangunan desa. Baik itu pembangunan jalan dan jembatan serta fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat.

“Kami melaksanakan monev, setiap selesai semesteran, kami akan cek hasil pembangunannya dan adminitrasinya. Hal ini agar tidak terjadi penyimpangan sesuai arahan Bapak Bupati Balangan,” ujar Agus. (MC Balangan/FM Hidayatullah/Vira)

Komentar