Balangan – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Balangan, melaksanakan kunjungan survei objek wisata Riam Bainggi, di Desa Dayak Pitap, Kecamatan Tebing Tinggi, Kamis (16/11/2023).

Survei dilakukan untuk memastikan pembenahan tempat wisata, agar semakin dapat memanjakan wisatawan yang berkunjung.

Disampaikan JF Analis Kebijakan Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Kabupaten Balangan, Kristie, pihaknya akan terus bekerja sama dengan masyarakat sekitar untuk pengelolaan khususnya bidang kebersihan destinasi dan jumlah kunjungan wisatawan.

“Kami dan tim melakukan tugas progres berkunjung untuk pengelolaan sekaligus survei perkembangan objek wisata Riam Bainggi, dengan tujuan ingin mengelola destinasi wisata dalam pengelolaan, khususnya bidang kebersihan destinasinya dan jumlah wisatawan,” katanya.

Dengan kerja sama yang dilakukan, Kristie mengharapkan agar ke depan destinasi wisata Riam Bainggi bisa lebih berkembang dan maju guna meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Berharap ke depannya agar wisata Riam Bainggi lebih berkembang, maju dan tentunya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan PAD,” harapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Dayak Pitap, Supiani, mengatakan untuk saat ini penyediaan sarana prasarana objek wisata Riam Bainggi berasal dari dana desa.

“Untuk perkembangan objek wisata akan difasilitasi dari desa, untuk masyarakat yang kurang berjiwa sosial akan dibimbing supaya lebih paham dan mengerti untuk apa tempat wisatanya, sedangkan sarana prasarana untuk sementara dari dana desa,” katanya.

Terakhir Supiani berharap agar kerja sama ini bisa terus terjalin bersama instansi terkait sehingga hal itu dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. (MC Balangan/Hlm)