Balangan – Hadirnya Inovasi Berita Pimpinan dan Anggota Dewan (Bapinanduan), sebagai bentuk meningkatkan literasi informasi bagi masyarakat luas.

Pesatnya perkembangan teknologi menuntut instansi-instansi pemerintahan untuk menerapkan layanan yang lebih modern, mudah diakses dan menjangkau kalangan luas, sehingga mempermudah distribusi informasi maupun kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah sehingga dapat diakses lebih cepat dan mudah oleh masyarakat.

Selain itu, hadirnya Inovasi Bapinanduan ini juga merupakan mendukung suksesnya visi misi Kabupaten Balangan untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik.

Sekretaris DPRD Balangan, Tamrin mengatakan, transparansi informasi penyelenggaraan pemerintahan dapat menimbulkan peran serta masyarakat dalam membangun serta mengembangkan sistem pemerintahan yang demokratis dan partisipatif.

“Guna menjamin hak masyarakat dalam mendapatkan informasi, sesuai amanat dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan informasi Publik. Sekretariat DPRD Balangan dinilai perlu melakukan pengembangan untuk meningkatkan informasi publik dalam penyelengaraan pemerintahan di Kabupaten Balangan untuk meningkatkan keterbukaan informasi dalam penyelenggaran kegiatan dewan,” ucapnya, Rabu (22/11/2023).

Dengan adanya inovasi ini, Tamrin menilai akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan dan mengakses informasi secara maksimal dalam mengetahui perkembangan kebijakan dan kegiatan-kegiatan anggota dewan mudah diakses melalui media website, sosial media maupun media-media yang menjadi rekanan penyebarluas informasi DPRD.

“Dengan inovasi ini keterbukaan informasi dan literasi masyarakat terhadap tugas dan fungsi DPRD dalam menjalankan peran pemerintahan baik dalam fungsi pengawasan, penyusun perda serta penyusunan anggaran dapat ditingkatkan,” tambahnya.

Bapinanduan diharapkan dapat menciptakan pengelolaan informasi yang terpadu terintegrasi sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkait kegiatan serta kebijakan-kebijakan yang diambil oleh DPRD maupun pemerintah Kabupaten Balangan.(MC Balangan/el)