Balangan – Dalam upaya mengurangi risiko terjadinya kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, menggelar sosialisasi tanggap darurat bencana, di Kantor Desa Lampihong Selatan, Kecamatan Lampihong, Kamis (27/11/2023).

Kegiatan digelar untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya Satlinmas di desa Lampihong Selatan, mengenai langkah pencegahan kebakaran, simulasi penggunaan APAR, serta tindakan evakuasi yang benar dan cepat dalam situasi darurat.

Disampaikan anggota BPBD Kabupaten Balangan, Abidinoor, bahwa sosialisasi dan simulasi ini bertujuan untuk membangun kesiapsiagaan dan kewaspadaan di wilayah Kecamatan Lampihong.

“Kami berharap masyarakat dapat lebih peka terhadap risiko kebakaran dan siap menghadapi situasi darurat dengan langkah-langkah yang tepat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesejahteraan Desa Lampihong Selatan, Abdulah, menuturkan sosialisasi kali ini lebih diutamakan kepada anggota Satlinmas sebagai relawan keamanan di desa.

Dirinya mengharapkan ke depan melalui sosialisasi ini, anggota Satlinmas di Desa Lampihong Selatan bisa lebih cepat tanggap dalam menangani permasalahan kedaruratan tersebut.

“Misal ada kebakaran itu dari desa bisa cepat dan tanggap dari unsur Satlinmas,” harapnya.

(MC Balangan/And)