Balangan – Turun dengan kekuatan 19 atlet karateka terbaik, Provinsi Kalimantan Selatan berhasil menduduki posisi ke empat se Indonesia pada event Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVIII, di GOR Rudy Resnawan Banjarbaru, Selasa (22/11/2023).

Diketahui dari 19 atlet ini, Akhmad Yusi yang merupakan seorang perwakilan dari karateka ASKI Balangan Dojo BTKC berhasil menorehkan prestasinya dengan mendapat medali perunggu pada event POMNas XVIII.

Pada POMNas tersebut, Akhmad Yusi berlaga di dua nomor pertandingan yaitu Kumite Perorangan Putra -67 kilogram dan Kumite Beregu Putra.

Anak dari pasangan Bambang Yuwono dan Susilawati ini menjadi pemain kunci untuk Kumite Beregu Putra karena berhasil menundukan lawan dengan skor 9-1.

Yusi sapaan akrabnya merupakan alumni dari MIN 1 Layap Paringin dan sekarang berkuliah di JPOK ULM Banjarbaru, mengharapkan dengan hasil yang diraih ini bisa menjadi kebanggaan Provinsi Kalsel khususnya Kabupaten Balangan.

“Besar harapannya ke depan agar para atlet Balangan yang berprestasi di kancah nasional bisa mendapat dukungan dan apresiasi penghargaan terbaik dari daerah tercinta,” harap Yusi.

Menanggapi hal ini, Pelatih ASKI Balangan, Akhmad Rifki sangat takjub dengan hasil pencapaian dari salah satu atletnya.

Menurutnya dari pencapaian tersebut adalah sesuatu yang luar biasa dan sejarah prestasi pada cabang olahraga karate di Kabupaten Balangan.

“Ini aset daerah yang perlu kita jaga, bina dan dukung agar orang banua tahu bahwa kita juga bisa bersaing di level nasional bahkan internasional, dan ini akan menjadi semangat para insan olahraga Balangan untuk berprestasi serta meraih mimpi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Forki Balangan, Aswadie Rosyadi, mengungkapkan sangat gembira dan berterima kasih atas raihan prestasi tersebut.

“Sebagai tanda terima kasih, kami berupaya akan memberikan support terbaik dari Forki Balangan untuk Yusi. Ini merupakan momen bagus untuk langkah selanjutnya dan semoga bisa menjadi motivasi bagi atlet lainnya,” harapnya.

Terpisah Ketua Umum ASKI Balangan, AKBP Riza Muttaqin, turut berpesan kepada atlet karate Balangan agar terus berlatih dan jangan berpuas diri dengan apa yang sudah berhasil diraih untuk mengharumkan nama banua.

“Prestasi tidak lahir secara mudah dan instan, harus ada kerja keras dan pengorbanan tentunya nah ini adalah hasilnya,” tuturnya, Jumat (24/11/2023).

(MC Balangan/Be)