Balangan – Pemerintah Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan sambut kedatangan mahasiswa mancanegara dari Australia, di Pasar Budaya Racah Mampulang, Sabtu (25/11/2023).

Kedatangan belasan mahasiswa tersebut dalam rangka mengikuti program Summer Course atau program pendidikan yang diselenggarakan oleh universitas, lembaga pendidikan serta organisasi tertentu saat musim panas.

Diketahui Universitas Lambung Mangkurat (ULM) merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki program Summer Course.

Program ini berlangsung mengingat cukup tingginya minat mahasiswa luar untuk belajar lintas negara, khususnya mahasiswa dari The University of Newcastle Australia.  

Dalam kedatangannya, para mahasiswa disambut dengan pertunjukan permainan bola oleh anak-anak Desa Balida di sekitar persawahan menuju Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang.
Suguhan berbagai pertunjukan seni tradisi seperti Kuntau, Wayang Gung, kesenian Kuda Gepang dan musik panting dari Sanggar Balida Satria juga dihadirkan kepada mahasiswa maupun pengunjung lainnya.

Disampaikan Kepala Desa Balida, Sahridin, bahwa Pasar Budaya yang pihaknya kelola ini digelar setiap satu bulan sekali dengan menampilkan sejumlah seni tradisi daerah.

“Hari ini adalah kegiatan Pasar Budaya Racah Mampulang dan kebetulan kami suguhkan pada tanggal 25, yang mana biasanya kami melaksanakan Pasar Budaya satu bulan sekali,” sampainya.

Sementara itu, CSR Project Section Head PT. Adaro Indonesia, Firmansyah, menuturkan kedatangan Mahasiswa Australia merupakan kegiatan kunjungan mereka untuk kedua kalinya.

Firmansyah mengharapkan melalui kegiatan ini bisa menjadi langkah promosi untuk memperkenalkan budaya lokal, agar lebih dikenal oleh masyarakat luas baik nasional bahkan internasional.

“Ini salah satu sarana promosi budaya lokal kita yang semoga mendunia. Sudah kali kedua kita membawa mereka karena adanya kerja sama ULM dengan The University Of Newcastle Australia melalui program tahunan yaitu Summer Course,” katanya.

(MC Balangan/jh)