Balangan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan menggelar sosialisasi pendidikan pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, di Hotel Jelita Tanjung, Tabalong, Kamis (7/12/2023).

Kegiatan digelar sebagai bentuk media sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, agar Pemilu bisa terlaksana penuh dengan aman, damai dan lancar.

Selain itu, hal ini juga sekaligus sebagai ajang untuk mengoptimalkan peran serta organisasi masyarakat, wartawan dan warganet dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024.

Sosialisasi resmi dibuka oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Muhammad Salman, yang mengharapkan agar seluruh peserta bisa menyampaikan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya.

Pada kesempatan ini, peserta juga dibekali materi terkait peran organisasi masyarakat dalam partisipasi pemilih serta pengawasan untuk peningkatan kualitas partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024.

Kemudian cara dalam mengajak masyarakat melalui tulisan dan postingan untuk berpartisipasi pada Pemilu 2024, salah satunya dengan menyampaikan informasi valid yang terjadi di lapangan.

Dalam acara tersebut, KPU turut mengundang Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Balangan, Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Balangan, Pemuda Panca Marga, Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Balangan, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Balangan dan Dewan Adat Dayak Kabupaten Balangan.

(MC Balangan/jh)