Balangan – Ajang Aruh Balogo Provinsi (ARBALPROV) 1 Kalimantan Selatan, yang digelar di Wahana Olahraga Tepian, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan resmi dibuka, Sabtu (2/12/2023).

Ajang yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh  seluruh atlet Balogo dari 13 kabupaten/kota se Kalimantan Selatan yang termasuk di Gabungan Olahraga Balogo Indonesia (GOBI).

Tampak hadir Bupati Balangan, Abdul Hadi yang tak mau ketinggalan ikut mencoba permainan tradisional masyarakat Kalsel ini.

Menurutnya permainan Balogo bisa menjadi hiburan yang menyenangkan dan tontonan menarik bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Abdul Hadi juga mengajak masyarakat untuk terus melestarikan ragam olahraga dan permainan tradisional di Kabupaten Balangan.

Ditemui disela kegiatan, Ketua GOBI Provinsi Kalimantan Selatan, Suwardi Sarlan, menuturkan ajang seperti ini merupakan sebuah komitmen untuk menjadikan permainan tradisional agar lebih berkembang dan mendunia.

Dirinya juga sangat senang dengan antusias yang luar biasa dari peserta Balangan, apalagi permainan tradisional ini juga sangat didukung oleh pemerintah daerahnya, para mitra perusahaan dan instansi terkait.

Pada ajang tersebut, Suwardi mengungkapkan ada tujuh kategori yang dilombakan yaitu kategori Surangan Lakian, Surangan Binian, Bakawan Dua Lakian, Bakawan Dua Binian, Bakawan Tiga Lakian, Bakawan Tiga Binian dan Bakawan Dua Lakian – Binian.

“Dulu kita cuma satu kategori, hari ini kita melombakan tujuh kategori, jadi ini sangat luar biasa antusias mereka pada tujuh kategori itu hampir dipastikan mereka dapat,” ungkap dia.

(MC Balangan/Nnd)