Balangan – Pemerintah Desa Kapul bersama Pokdarwis Desa Wisata Budaya Wadian Tambai, adakan pameran budaya desa yang berlangsung selama dua hari, di Desa Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Sabtu (16/12/2023).

Pameran budaya desa yang mengusung tema “Potret Budaya di Kampung Penari” ini menampilkan stand permainan tradisional sumpit, stand anyaman, stand kuliner khas Suku Dayak dan stand Sanggar Wadian Tambai.

Pameran budaya desa dibuka dengan penampilan tari dari Sanggar Wadian Tambai Desa Kapul. Dilanjutkan dengan lomba permainan tradisional yaitu sumpit dan balogo.

Untuk peserta lomba sumpit diketahui tidak hanya dari Kabupaten Balangan saja, namun juga dari Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, Palangka, Lamandau, Tapin dan Kota Banjarmasin.

Adapun untuk lomba sumpit diikuti oleh peserta dengan kategori putra putri umum, putra putri lokal, serta putra putri pelajar tingkat SLTP dan SD.

Sedangkan lomba balogo lokal diikuti oleh peserta dengan kategori putra putri dewasa, kelompok putra dewasa, kelompok putri dewasa, putra putri pelajar, kelompok putra pelajar dan kelompok putri pelajar.

Acara turut dibuka oleh Kasi Binwas Kecamatan Halong, Hardiansyah, serta dihadiri Unsur Forkopimcam, peserta lomba dan masyarakat setempat.

(MC Balangan/Sitah)