Balangan – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Balangan adakan forum konsultasi publik, di Aula Benteng Tundakan, Paringin Selatan, Senin (18/12/2023).

Konsultasi publik digelar dalam rangka penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Balangan Tahun 2025-2045.

Disampaikan Kepala Bappedalitbang Kabupaten Balangan, Rakhmadi Yusni, bahwa konsultasi publik merupakan tahapan wajib yang harus dilakukan untuk menyempurnakan ranwal RPJPD. 

Karena RPJPD merupakan salah satu bagian penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berfungsi sebagai instrumen untuk memberikan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

“Pada Bulan Agustus 2024 akan ditetapkan melalui peraturan daerah, yang mana usulan rancangan ini disampaikan ke DPRD setelah itu akan dievaluasi lagi oleh provinsi dan ketika hasilnya sesuai atau tidak baru disahkan,” ujar Rakhmadi.

Rakhmadi menjelaskan, forum tersebut sebagai media konsultasi publik sehingga para pemangku kepentingan dapat secara aktif mengikuti dan memberikan saran serta masukan terhadap konsep perencanaan pembangunan yang disusun.

Yang mana para pemangku kepentingan bisa turut ambil bagian dalam merumuskan visi misi, sasaran pokok dan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Balangan untuk 20 tahun ke depan yang disusun dengan berpedoman pada RPJPN dan RTRW.

“Ketika sudah disahkan itulah yang menjadi panduan umum arah pembangunan Kabupaten Balangan selama 20 tahun ke depan,” jelasnya.

(MC Balangan/Nnd)