Balangan – Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTTK) Kabupaten Balangan, melaksanakan ekspose akhir penyusunan kajian investmen project ready to offer (IPRO) dan peta potensi investasi daerah, di Aula Balai Latihan Kerja, Desa Mampari, Kecamatan Batumandi, Selasa (19/12/2023).

Dikatakan Sekretaris DPMPTSPTTK Kabupaten Balangan, Abdul Basyid, bahwa penyusunan kajian peta potensi dan IPRO di Kabupaten Balangan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi daerah.

Setelah ekspose akhir disampaikan, Abdul Basyid mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pembangunan serta perekonomian di Kabupaten Balangan.

“Dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan dan mendorong investasi, bergeraknya ekonomi di Kabupaten Balangan dan meningkatkan pembangunan yang ada di Kabupaten Balangan,” harapnya.

Senada dengan hal tersebut, tim peneliti sekaligus narasumber, Muhammad Saleh, juga mengharapkan agar investasi yang nantinya masuk ke Kabupaten Balangan mampu menggerakkan ekonomi masyarakatnya.

“Dengan adanya kajian ini potensi investasi dan kajian IPRO diharapkan Kabupaten Balangan masuk investasi baru yang bisa menggerakkan ekonomi, yang mana nantinya akan meningkatkan pendapatan di masyarakat dan bisa mengurangi pengangguran,” harapnya.

Menanggapi hal itu, M. Riduansyah Syafari yang juga merupakan tim peneliti, menambahkan agar kajian yang dilakukan ini bisa berdampak terhadap kemajuan ekonomi desa dalam mensejahterakan masyarakat.

“Agar kajian ini tidak hanya dokumen maka kami ingin menambahkan dalam bentuk rekomendasi kebijakan yang disertai dengan rekomendasi infrastruktur kebijakan apa yang dibutuhkan agar potensi kajian yang dipetakan ini menjadi sebuah kebijakan yang berdampak untuk kemajuaan ekonomi desa dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Balangan,” pungkasnya.

(MC Balangan/ Hlm)