Balangan – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Balangan menggelar pelantikan Genre Indonesia Cabang (GIC) Balangan periode 2024-2026, di Aula dinas setempat, Kecamatan Paringin Selatan, Senin (18/12/2023).

Genre Indonesia Cabang merupakan wadah untuk mempersiapkan remaja yang bisa menekan dan mencegah pernikahan usia muda, pergaulan bebas, penggunaan Napza, teroris serta untuk saling berbagi informasi agar kelak memiliki hidup yang terencana.

Disampaikan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan KB Balangan, H Bejo Priyogo, bahwa dengan telah dilantiknya 27 orang GIC ini diharapkan dapat menjadi penggerak kebangkitan generasi remaja Balangan yang kreatif, inovatif dan berencana.

“Untuk mengentaskan remaja-remaja kita terkait dengan narkoba, perkawinan usia dini dan semoga remaja Balangan terhindar dari hal-hal negatif dan bisa menjadi remaja yang berkualitas, cerdas dan mandiri,” sampainya.

Sementara itu, Ketua GIC Balangan yang baru saja dilantik, Ahmad Junaid, mengatakan pihaknya akan terus menjalankan terkait program yang belum terealisasi oleh kepengurusan sebelumnya serta siap mengembangkan program lainnya.

Yang mana seperti kasus pernikahan usia dini, seks pra nikah dan penggunaan napza semakin meningkat. Untuk itu, perencanaan masa depan remaja perlu menjadi perhatian bersama, karena kualitas bangsa ditentukan oleh kualitas penerusnya.

“Untuk kepengurusan yang terpilih ini semoga saja bisa lebih sportif, bisa bekerja sama lebih baik lagi dan bisa memecahkan masalah bersama-sama,” harapnya.

Adapun pengelola program remaja BKKBN Provinsi Kalsel, Rurul Yuliatim, menambahkan, bahwa di era sekarang para remaja harus mampu mempersiapkan diri menjadi generasi tangguh dan hebat agar mampu bersaing di era mendatang.

“Dengan adanya pelantikan ini diharapkan dapat memacu anak remaja khususnya di Kabupaten Balangan agar lebih intens lagi dalam menjalankan program remaja di Kalimantan Selatan khususnya di Balangan dan dapat menjadi contoh positif bagi wilayah lainnya,” harap Rurul Yuliatim.

(MC Balangan/Be)