Balangan – Pemerintah Desa Mamigang adakan Festival Buah Mamigang sekaligus peresmian wisata alam Buntar Batarius, yang diresmikan oleh Camat Halong, Rahmadi, di Halaman Kantor Desa Mamigang, Kecamatan Halong, Rabu (7/2/2024).

Acara yang dihadiri ribuan pengunjung ini berlangsung meriah dan menariknya di sini para pengunjung bisa langsung menikmati buah-buahan lokal secara gratis sekaligus ikut menyaksikan pagelaran kesenian dan ritual adat Batandik.

Setidaknya ada sekitar 25 buah lokal yang dipamerkan pada festival buah seperti durian, pampakin, mantaula, mahrawin, kapul, tanduruan, babuku, maritam, kambayau, langsat dan aneka buah lokal lainnya.

Pada kesempatan ini, Camat Halong, Rahmadi, mengungkapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah menyelenggarakan festival buah.

Karena menurutnya ini adalah salah satu potensi alam luar biasa yang dimiliki Kabupaten Balangan, sehingga keindahan alam dam kekayaan buah-buahan dapat dinikmati bersama oleh masyarakat sekaligus wisatawan.

Rahmadi berharap melalui festival tersebut dapat menjadi momentum untuk memperkokoh rasa kebersamaan dan solidaritas dalam mendukung serta melestarikan potensi alam agar bisa dinikmati oleh para generasi selanjutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mamigang, Bagus Susanto, mengatakan buah yang diambil ini merupakan buah asli dari kawasan hutan di Desa Mamigang.

“Untuk kegiatan hari ini dalam rangka pembukaan wisata Buntar Batarius, oleh karena itu kita sandingkan dengan festival buah yang mana wisata dan desa kita hampir 80 persen berada di kawasan hutan, di sanalah buah itu kami ambil,” katanya.

Pada acara ini, Bagus juga mengharapkan agar Festival Buah Mamigang bisa terus terlaksana bahkan mampu menjadi event nasional.

“Ke depannya tetap melaksanakan festival buah khususnya di Desa Mamigang dan mudah-mudahan event kami ini menjadi event nasional dan akan menyelenggarakan lebih baik lagi ke depannya,” harapnya.

(MC Balangan/Hlm)