Balangan – Untuk memudahkan layanan pengadaan barang dan jasa, Pemerintah Kabupaten Balangan resmi meluncurkan aplikasi Sistem Order Pemerintah Kabupaten Balangan (Si Open Balangan), di Aula Benteng Tundakan, Paringin Selatan, Rabu (7/2/2024).

Aplikasi Si Open Balangan merupakan inovasi milik Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Balangan, yang telah diresmikan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Balangan, Tuhalus.

Pada kesempatan ini, Tuhalus sangat mengapresiasi UKPBJ Kabupaten Balangan atas hadirnya inovasi Si Open Balangan tersebut.

Yang mana ini sangat membantu dan memudahkan para SKPD dalam proses pengadaan barang dan jasa yang diperlukan, memperkuat asas transparansi serta menjauhkan dari tindakan korupsi.

Ditemui usai acara, Kepala UKPBJ Kabupaten Balangan, Muhammad, menyampaikan aplikasi Si Open Balangan adalah duplikasi aplikasi dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan sudah disetujui oleh Bupati Balangan melalui Perbub Nomor 92 Tahun 2023.

“Aplikasi ini sudah kita uji coba dari seminggu yang lalu. Tujuan kita ingin menumbuh kembangkan UMKM melalui aplikasi ini dengan melayani kebutuhan SKPD secara online,” sampainya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan aplikasi Si Open Balangan ini juga sangat membantu para penyedia barang dan jasa untuk menawarkan produknya dengan dua persyaratan yaitu memiliki akun pada aplikasi dan berdomisili di Balangan.

Sehingga melalui aplikasi itu akan menguntungkan UMKM dan pengusaha lokal dalam memasarkan produknya ke pemerintah daerah, hingga mendorong peningkatan pendapatan masyarakat.

“Para SKPD bisa berbelanja untuk keperluan kegiatan, alat tulis kantor, snack, konsumsi untuk rapat dan lain-lain dengan katalog lokal di bawah Rp10 juta melalui Si Open Balangan,” jelasnya.

(MC Balangan/Nnd)