Thu, 28 May 2020   Tentang Media Center

Artikel Terkini

Cegah Penularan HIV / AIDS, Masyarakat Harus Paham Akibatnya

Oleh Admin, 26/12/2019

Paringin, MC Balangan - Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Balangan mengadakan peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2019, di Terminal Paringin, Rabu (18/12/2019) malam.

Bupati Balangan, Ansharuddin dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Setda kab. Balangan, Husaini mengungkapkan bahwa akibat penyakit HIV/AIDS bukan semata-mata persoalan kesehatan melainkan juga masalah sosial, bahkan seringkali juga masalah-masalah moral dan akhlak, serta berdampak luas dalam kehidupan masyarakat.

"Saya minta kepada semua pihak dan kalangan masyarakat, untuk memberikan pemahaman kepada semua pihak, serta mensosialisasikan penanggulangan HIV/AIDS. Dengan cara tersebut semoga dapat mengurangi penularan HIV/AIDS," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan mengatakan bahwa peringatan Hari AIDS Sedunia tersebut, adalah untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya HIV/AIDS.

"Sekarang ini, di Kabupaten Balangan terdapat 28 penderita HIV/AIDS. Jumlah tersebut dimungkinkan masih akan bertambah 3 orang, yang masih dalam pemeriksaan lebih lanjut. Namun sayang, dari jumlah tersebut hanya 11 orang yang mau diobati," terang Erwan.

Menurut Erwan, berbagai macam upaya pencegahan dan pengobatan sudah dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Balangan, diantaranya melakukan penyuluhan di sekolah-sekolah, pemeriksaan saat Balangan Expo 2019 kemarin, serta pemeriksaan pada ASN.

Kegiatan yang dihadiri oleh SKPD terkait, para camat, unsur Forkopimda, pihak perusahaan, dan masyarakat diakhiri acara hiburan, dengan menampilkan Mamanda dari Sanggar Kariwaya.   

MC Balangan / Ragil 

Komentar