Thu, 28 May 2020   Tentang Media Center

Artikel Terkini

Pembelajaran tentang Kelompok Usaha Bersama, DPRD Kabupaten Banjar Kunjungi Balangan

Oleh Admin, 27/01/2020

  Paringin, MC Balangan - Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar melakukan kunjungan kerja ke Balangan, dengan agenda tentang Peran Pemerintah dalam Pembinaan serta Peningkatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE), di Aula Benteng Tundakan, Senin (27/01/2020).  

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar, Sarwani, mengatakan bahwa kunjungan kerja tersebut, dimaksudkan untuk menambah wawasan seputar penanggulangan kemiskinan, serta peran pemerintah daerah dalam pembinaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).  

"Di Kabupaten Balangan banyak melahirkan Unit Kegiatan Masyarakat (UKM), maupun industri yang merupakan bagian dari upaya mensejahterakan masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Kab. Balangan, Husaini, yang menyambut rombongan tersebut, berharap agar pertemuan sekaligus silaturahmi tersebut, dapat memberikan manfaat serta menambah ilmu dan wawasan, khusunya bagi Dinas Sosial dalam pembinaan Kelompok Usaha Bersama.  

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan, Ribowo mengatakan di Kabupaten Balangan terdapat 87 Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

"Diantaranya Kelompok Usaha Bersama madu kelulut, KUBE menjahit, KUBE penggilingan padi, dan KUBE penggilingan daging", tuturnya.  

Dijelaskan Ribowo, bahwa KUBE tersebut merupakan usulan dari desa atau masyarakat yang mempunyai kelompok usaha bersama, kemudian mengirimkan proposal ke Dinas Sosial, selanjutnya kebenarannya diverifikasi oleh Dinas Sosial, dan akan diberikan bantuan berupa alat serta pelatihan dan pembinaan.

MC Balangan/Nadya

Komentar